Jumat, 05 Desember 2008

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin mengalami perkembangannya dan peningkatan yang begitu pesat. Dengan adanya peningkatan teknologi informasi tersebut, maka pengolahan data juga harus dilakukan dengan benar agar diperolah suatu informasi yang cepat, tepat, dan akurat serta laporan informasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan/instansi. Didalam pengolahan data diperlukan suatu informasi baik yang bersumber dari dalam (intern) ataupun dari luar (extern) lingkungan organisasi yang digunakan sebagai sumber pengambilan informasi.
Ternyata dengan adanya kehadiran teknologi informasi belum dapat dimanfaatkan secara keseluruhan, karena pada saat sekarang ini masih banyak perusahaan-perusahaan ataupun instansi yang masih menggunakan sistem informasi secara manual.
Perpustakaan tentu sangat diperlukan, terutama untuk membantu keberhasilan proses belajar mengajar di suatu perguruan tinggi. Tugas utama dari perpustakaan adalah menunjang kurikulum, bahkan perpustakaan pun dikaitkan dengan kurikulum perguruan tinggi.
Selain itu perpustakaan diharapkan bias memberikan dasar pengetahuan untuk bisa mencari informasi secara mandiri. Sasaran utama dari perpustakaan adalah meningkatkan semangat belajar bagi mahasiswanya.
Dari sekian banyak permasalahan yang dihadapi perpustakaan adalah masalah pengolahan data yang sangat berkaitan dengan meningkatnya teknologi dan ilmu pengetahuan.
Sebagai contoh perpustakaan STIKes Kharisma Karawang yang masih menggunakan sistem pengolahan data secara manual yang memiliki kelemahan-kelemahan dalam proses pengumpulan data yang lambat, arsip-arsip mengenai data buku-buku dan data anggota perpustakaan yang hilang serta adanya penumpukkan data. Walaupun di bagian-bagian yang lain sudah menggunakan teknologi informasi yang terkomputerisasi.
Setelah melihat kelemahan-kelemahan dalam proses pengolahan data di Perpustakaan STIKes Kharisma yang masih menggunakan cara pengolahan data secara manual, maka diperlukanlah suatu program aplikasi yang dirancang untuk memperbaiki sistem yang sedang berjalan di perpustakaan STIKes Kharisma. Oleh karena itu, penulis ingin membantu permasalahan yang ada di perpustakaan STIKes Kharisma dengan membuatkan suatu program aplikasi untuk registrasi anggota baru, peminjaman buku dan pengembalian buku, serta denda, sesuai dengan judul magang kami yang akan membahas tentang “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan STIKes Kharisma Karawang Menggunakan **legal copy** of visual basic 6.0

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan penjelasan latar belakang masalah diatas, maka penulis mencoba mengidentifikasikan permasalahan sebagai berikut:

1.2.1. Masalah Umum
1. Bagaimana sistem informasi perpustakaan yang baik?
2. Bagaimana sistem peminjaman dan pengembalian buku serta denda yang terlambat mengembalikan buku di perpustakaan STIKes Kharisma?

1.2.2. Masalah Khusus
1. Bagaimana prosedur menjadi anggota perpustakaan di STIKes Kharisma?
2. Bagaimana prosedur peminjaman buku di perpustakaan STIKes Kharisma?
3. Bagaimana prosedur pengembalian buku di perpustakaan STIKes Kharisma?
4. Bagaimana prosedur denda keterlambatan mengembalikan buku di perpustakaan STIKes Kharisma?
5. Bagaimana prosedur pencarian nama anggota dan buku di perpustakaan STIKes Kharisma?
6. Bagaimana laporan peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan STIKes Kharisma?

1.3. Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah yang telah dijelasakan diatas dan agar masalah yang nanti akan dibahas tidak terlalu meluas, maka masalah yang akan diambil dibatasi yaitu mengenai sistem informasi perpustakaan di STIKes Kharisma Karawang, tetapi penyusun tidak membahas tentang :

a. Profil perpustakaan STIKes Kharisma
b. Katalog buku di perpustakaan STIKes Kharisma
c. Tata tertib di perpustakaan STIKes Kharisma

1.4. Tujuan Magang
Tujuan dalam magang ini adalah sebagai berikut:

1.4.1. Tujuan Umum
a. Sebagai tempat untuk melatih penulis dalam mendeskripsikan dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
b. Sebagai salah satu penerapan teori yang sudah dipelajari di meja perkuliahan yaitu dengan menganalisa dan merancang suatu sistem informasi berbasiskan komputer.

1.4.2. Tujuan Khusus
a. Untuk mengetahui data yang digunakan dalam proses menginput anggota baru.
b. Untuk mengetahui data yang digunakan dalam proses menginput peminjaman dan pengembalian buku serta denda bagi yang terlambat mengembalikan buku.
c. Untuk mengetahui daftar buku dan nama anggota yang ada di perpustakaan STIKes Kharisma.
d. Memberikan informasi berupa laporan peminjaman dan pengembalian buku serta denda bagi yang terlambat mengembalikan buku atau menghilangkannya. Petugas memberikan laporan perbulan kepada ketua STIKes Kharisma.

1.5. Manfaat Magang
Manfaat diadakannya magang ini adalah untuk dapat menambah wawasan serta pengetahuan tentang bagaimana sebenarnya sistem informasi perpustakaan yang ada di perpustakaan STIKes Kharisma Karawang agar dapat dijadikan suatu pengalaman untuk menghadapi dunia kerja dimasa yang akan datang.
Dengan diadakannya magang ini, maka diharapkan bisa memberikan suatu manfaat bagi:

1. Penyusun
Untuk dapat memperoleh sebuah pemahaman tentang bagaimana sebenarnya system informasi perpustakaan yang ada di perpustakaan STIKes Kharisma.
2. Perpustakaan STIKes Kharisma
Sebagai bahan masukkan untuk meningkatkan kualitas sistem agar menjadi lebih baik lagi di masa depan.


1.6. Lokasi dan Waktu Magang
Penulis melaksanakan magang di Perpustakaan STIKes Kharisma Karawang yang beralamat di Jl. Pangkal Perjuangan KM 1 By Pass Karawang – Jawa Barat. Magang dilaksanakan sejak bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2008

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mikum????
keren juga,tapi sayang gak da Foto orang imuutzzz!!!!!

 
Powered by Blogger